Sunday, February 24, 2013

My Mind part 1

Sebenarnya, kalian dan saya yang sedang baca post ini normal nggak sih?
Apa itu normal sebenarnya? Itu adalah pertanyaan yang dilontarkan asal dari adik saya, tapi membuat saya ingin bikin post about normal. (bisa dibilang saya tidak normal bagi kalian wahai para manusia mainstream, kecuali anda memiliki jalan pikiran sama seperti saya atau melebihi saya.)

Kalau di KBBI a.k.a Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya:

1. menurut aturan atau menurut pola yg umum; sesuai dan tidak menyimpang dr suatu norma atau kaidah; sesuai dng keadaan yg biasa; tanpa cacat; tidak ada kelainan (adjektiva)
Contoh: bayi itu lahir dl keadaan ~; 
sumber: kbbi3

2. bebas dr gangguan jiwa; (adjektiva)
sumber: kbbi3

nah, itu tuh artinya normal.
Kalau dilihat dari sudut pandang satu pandangan saja, sulit menjelaskan yang mana yang normal dan bukan.
Bingung maksudnya? Pergi saja ke laut. Nih gue kasih contoh.
Misalnya di kutub utara, mereka tidak pernah melihat orang pakai pakaian kemeja begitu saja, jadi kalau ada orang pakai pakaian seperti itu datang, mereka akan menganggap itu nggak normal, sedangkan kalau orang di perkotaan melihat orang menggunakan jaket dsb. di musim panas, pasti mereka anggap itu juga nggak normal.
Jadi apa sih yang jadi patokan normal itu?
Normal kan artinya menurut pola yang umum atau sesuai aturan, so kalau mau jadi orang yang normal kita harus mengikuti aturan. Tapi, kalau orang-orang yang sesuai dengan aturan itu sedikit, itu artinya kita yang sesuai aturan juga disebut tidak normal. 
Jadi seandainya kita dikelilingi oleh sesuatu yang tidak normal dan kita sendiri normal, otomatis kitalah yang tidak normal, bukan mereka. Karena ketidak normalan itu lebih banyak sehingga itu menjadi patokan kenormalan.
Kalau kita bilang kita tidak normal diantara orang-orang yang tidak normal pula, kita disebut normal. Jadi ketidaknormalan sesuatu itu relatif, artinya tergantung dari jalan pikiran dan keadaan umum.
Masih bingung? udah gue bilang pergi ke laut saja gue kasih contoh lagi deh.
Misalnya kita yang disebut 'normal' di dunia nyata, dengan lifestyle yang biasa-biasa saja tiba-tiba pergi ke Wonderland World. Di sana pakaian-pakaian mereka bagi kita tidak normal, tapi bagi mereka normal. Justru pakaian kita lah yang tidak normal bagi mereka, sehingga kita disebut sebagai orang yang tidak normal di kalangan penghuni Wonderland World. Begitu juga sebaliknya seandainya mereka yang pergi ke dunia kita.
Jadi intinya, di dunia ini tidak ada yang normal dan aneh. Yang ada hanyalah perbedaan jalan pikir manusia (atau makhluk lain yang mungkin ada) terhadap sesuatu (entah itu objek, kata, sifat dsb.) satu dengan yang lain, sehingga terciptalah kata 'normal' untuk membedakan sesuatu yang sering ataupun jarang terjadi/terlihat/dsb. di suatu kalangan entah itu skala besar maupun kecil.

Maaf kalau membuat kalian bingung wahai para manusia mainstream, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar.

0 comments:

Post a Comment