Monday, April 1, 2013

Is Bahasa Does Exist?

Baiklah, dari judulnya saja harusnya kalian udah tahu gue mau membicarakan apa, ya 'kan?
Yup, ini adalah masalah/konflik/topik yang sebenarnya sudah umum sekali.. sampai-sampai para pengguna juga tidak mempedulikannya lagi.
Bahasa, kita kan tiap hari berbahasa lah ya. Bisa dari mulut, bisa juga dari tangan yang mengetik dan menulis. Dan ada beberapa dengan simbol atau isyarat tertentu. Tapi, gue sekarang akan membicarakan tentang bahasa yang paling sering gue pakai, yaitu bahasa Indonesia + Gaul.
Weits, jangan salah sangka. Bahasa Gaul sama bahasa Alay itu beda.
Bahasa Gaul itu adalah bahasa Indonesia yang sedikit/cukup/banyak diubah. Sedangkan bahasa Alay adalah bahasa Gaul yang banyak sekali diubah. Jadi intinya bahasa Alay merupakan bahasa tersendiri, bukan bahasa Indonesia lagi. Camkan itu!

Ngomong-ngomong, gue mau meluruskan beberapa kata yang orang-orang salah artikan, terutama kawan-kawan gue sesama ABG A.K.A Anak Bekas Gondok Anak Baru Gede.

- Kata 'lucu'
Apa sih kata lucu itu? Biasanya anak-anak jaman sekarang pergi ke mall, ngeliat boneka mario bros kecil dan imut, terus mereka bilang itu lucu. Itu sebenarnya salah! Kata yang benar adalah 'imut'. Karena 'lucu' itu artinya mengundang tawa, dan boneka imut itu nggak mengundang tawa.
Gue sampai capek kasih tahu ke teman-teman gue soal ini.

- Kata 'galau'
Menurut ABG sekarang, galau itu dialami pas lagi diputusin/marahan/whatsoever sama pacar/teman. Padahal, itu salah lagi. Galau itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV (2008), berarti kacau (tentang pikiran); “bergalau” berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); dan “kegalauan” berarti sifat (keadaan hal) galau.
Jadi, menurut gue, kata 'galau' yang sekarang sering digunakan itu kurang tepat. Karena kalau pikiran kacau, nggak berarti lu sedang sedih karena cinta. Jadi ingat, kalau mau pakai kata 'galau', gunakan kata 'karena cinta' di depannya, karena itu lebih tepat. Itupun, bagi orang yang pikirannya lagi kacau. Kalau yang lagi sedih saja sih, gue saranin pakai kata 'gundah' atau sekedar 'sedih'.

- Kata 'naksir', 'suka', 'cinta'
Nah ini yang paling sering digunakan untuk orang yang ber'galau'ria di jejaring sosial. Kesel banget gue kalau ngeliat orang pacaran di timeline Tw*tt*r bilang i love you, eh abis itu beberapa minggu kemudian putus. It's just soooo unreal. Jadi gue pengen lurusin nih...
Gue jelasin dulu yang pertama, yaitu 'naksir'.
Naksir itu artinya cuma tertarik akan suatu hal dari seseorang/sesuatu. Artinya itu orang nggak mengetahui sebagian besar dari orang/barang yang dia taksir. Biasanya sering banget terjadi buat para artis, kakak/adik kelas cakep dan barang yang berjejer di mall, juga sama orang yang sering SMS/BBM/mention/chat/dll. Jadi jangan langsung nembak yeh kalau baru naksir, nanti kemungkinan 90% beberapa minggu kemudian putus. Tradisi sebelum/sesudah putus biasanya galau 1-2 minggu, abis itu selesai.
Intinya, ini yang biasanya gue bilang 'cinta lalat' alias cuma ngambil makanan plus numpang buang setoran. Hati-hati ya, udah capek-capek bayar pajak jadian, eh nggak tahunya putus dua minggu abis itu.

Terus yang kedua, namanya 'suka'
Suka itu menurut gue cocok buat orang-orang yang hubungannya kuat sampai dua tahun... itupun maksa. abis itu berubah jadi dingin sedingin-dinginnya.
Paling hubungan kayak gini gampang roboh karena masalah kecil, apalagi kalau baru kenal nggak nyampe satu tahun. Dan biasanya orang-orang ini setelah putus atau sedang mengalami proses menuju putus selalu melakukan tradisi ber'galau'ria sekitar sebulan, abis itu selesai. Biasanya di proses itu dia ngetweet/ngepost/curhat yang sedih-sedih gitu, jadi mending unfollow/unfriend dulu kalau nggak mau ngebaca hal sedih nan gundah. Kalau udah selesai masanya, follow/add lagi deh *evil smirks*
Intinya, ini yang biasanya orang bilang 'cinta monyet' alias cinta jejadian. Cuma numpang lewat ambil buah yang banyak abis itu ninggalin batang yang rusak dan patah.
Kalau ini sih biasanya nggak bisa dihindari lagi di masa-masa sekolah, apalagi menginjak SMP-SMA. Semangat guys yang udah jadi korban dan belum bisa gerak nyala move on. Terutama yang sering penuh-penuhin TL Tw*tt*r gue! Jangan tweet yang negatif-negatif terus, mood bisa menular lewat tulisan lho... #JadiCurhat

Yang terakhir, namanya 'cinta'
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.




Penulis: "Selesai, thanks udah baca."
Anonymous: "Lho, kok definisi 'cinta' gak ada? Cuma titik-titik nggak jelas.."
Penulis: "Karena gue pikir mereka harus cari tahu sendiri, dan gue pun belum pernah mengalami. Jadi gue nggak tahu pasti deh apa itu 'cinta'. Satu-satunya cinta yang gue pernah dan selalu alami, cinta YHWH alias dari Tuhan. Paling kuat tuh gue rasain, paling sempurna, paling benar."
Anonymous: "Oooh..."
Penulis: "OK, thanks ya udah baca sampai sini. God bless us. Yup, i repeat. 'Us'!"

0 comments:

Post a Comment